DI DUNIA INI TIDAK ADA MANUSIA BODOH TAPI LEBIH BANYAK MANUSIA PEMALAS
WELCOME TO INDONESIA AUTOCAD DESIGN

Minggu, 04 April 2010

MENGENAL AUTOCAD MAP

A. Tentang AutoCAD
AutoCAD adalah salah satu program desain gambar dengan bantuan komputer yang cukup canggih. Secara perlahan namun pasti AutoCAD mengalami otomatisasi gambar, menggantikan fungsi manual yang selama ini mendominasi pekerjaan di segala bidang. Kompatibilitasnya yang tinggi memungkinkan gambar – gambar AutoCAD dapat diterima oleh sebagian besar program menggambar lain dan dapat dicetak dengan menggunakan hampir semua alat pencetakan. AutoCAD memiliki fasilitas yang cukup komplit untuk membuat gambar – gambar dua dimensi dan tiga dimensi.

Beberapa alasan menggunakan AutoCAD dari pada cara manual untuk menghasilkan gambar:

Akurasi
Dengan tingkat presisi hingga 13 digit, AutoCAD memiliki tingkat akurasi jauh lebih sempurna dan terjamin dibanding dengan menggambar manual. Dalam gambar manual, akurasi gambar sangat ditentukan oleh ketelitian mata dan kecermatan tangan yang sangat memungkinkan terjadinya kesalahan.

Kepraktisan, Kemudahan, dan Kecepatan
Fasilitas penggambaran dan pengeditan yang semakin sempurna menjadikan AutoCAD mampu menghasilkan jauh lebih cepat dibandingkan cara manual. Perintah Copy, Array, Block, dan sebagainya memungkinkan kita membuat dan mengedit gambar secara masal dan waktu cepat.

Kebersihan dan Kerapian
Dengan perintah pengeditan yang dimiliki AutoCAD, memungkinkan kita untuk merevisi dan memeriksa hasil gambar sebelum benar – benar dicetak, sehingga dihasilkan gambar yang bersih dan sempurna tanpa bekas – bekas pengeditan, penghapusan dan keringat atau kertas lecek seperti yang didapatkan pada gambar manual.

Ruang Kerja Tak Terbatas
AutoCAD memiliki ruang kerja tak terbatas. Koordinat tertinggi yang dapat dimasukkan adalah 1099. Sehingga kita dapat membuat gambar sebesar dan sebanyak apapun dalam ruang yang sama. Kita dapat mencetaknya bagian per bagian atau sekaligus dengan skala yang tepat.

Fleksibilitas Skala
AutoCAD memungkinkan satu gambar dicetak berkali – kali dengan skala yang berbeda – beda tanpa harus membuat ulang gambar tersebut. Hal yang tidak dapat dilakukan pada gambar manual. Dengan pengaturan skala yang tepat saat mencetak, kita juga dapat bebas memilih satuan yang digunakan dalam gambar, apakah mm, cm, meter, km, inci, dan sebagainya.

Dokumentasi
Dengan sistem penyimpanan file, hasil gambar akan tersimpan secara permanen. Kita dapat dengan mudah dan cepat duplikasinya dan merevisinya kelak bila ada perubahan desain tanpa harus membuat gambar dari awal lagi. Dengan media penyimpan floppy disk atau CD kita dapat membawa – bawa gambar dengan mudah dan di edit dimana saja.

B. Memulai Autodesk Map 5
Untuk memulai program Autodesk Map 5 atau Auto CAD Map 5 yang merupakan versi Windows, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Nyalakan komputer dan tunggu hingga proses inisialisasi Windows selesai, yang memperlihatkan areal Desktop, beberapa folder dan taskbar di baris paling bawah.
Lakukan klik ganda pada icon Shortcut Autodesk Map 5 yang ada di dalam area Desktop. Bila icon itu tidak tersedia, klik tombol Start - Programs- Autodesk Map 5 - Autodesk Map 5 pada taskbar dan tunggu proses pengaktifan program.
Bila proses pengaktifan program telah selesai dan menu telah dimuat, AutoCAD akan membuka kotak dialog Autodesk Map Today yang memungkinkan Anda untuk menentukan jenis pekerjaan saat membuka file.
Kotak dialog Autodesk Map Today (lihat Gambar 2.1) terdiri atas beberapa tombol fungsi, yaitu open projects, create projects dan simbol libraries.

Berikut penjelasan masing-masing tombol:

Open Projects
Tombol ini digunakan bila Anda ingin membuka file yang telah tersimpan. AutoCAD menampilkan daftar file yang ada di direktori aktif dalam daftar Sel File dan memperlihatkan gambar dari file yang dipilih ke dalam kotak Preview. Pemilihan file bisa dilakukan dengan memilih berdasarkan file yang sering digunakan, tanggal, nama file dan lokasi. Bila file yang Anda inginkan tidak tercantum dalam daftar, kliklah Browse.... AutoCAD akan membuka kotak dialog Select File yang berisi file¬ DWG yang ada dalam direktofi aktif.

Create Projects
Tombol ini digunakan bila Anda ingin membuka AutoCAD dengan menggunakan format yang sudah disediakan. Pilihan yang disediakan adalah:

Use a Template
Tombol ini digunakan untuk membuka file baru dengan format berdasarkan file lain. File lain inilah yang disebut template. Template yang ada dalam daftar adalah file AutoCAD berjenis DWT. Kotak Preview disamping kanan memperlihatkan gambar dari file template yang dipilih. Defaultnya, file template adalah Acad.dwt atau Acadiso.dwt. Pilihlah file lain pada daftar bila diinginkan. Bila file yang diinginkan tidak ada dalam daftar, pilihlah Browse… AutoCAD akan membuka kotak dialog Select Template yang berisi daftar berjenis DWT. Pilihlah salah satunya, lalu klik Open.

Start from Scratch
Tombol ini digunakan untuk memilih satuan pengukuran dalam gambar. Ada pilihan yang disediakan, yaitu English dan Metric. Bila Anda memilih English maka satuan pengukuran yang digunakan adalah Feet dan Inci. Bila memilih Metric, maka satuan pengukuran adalah milimeter.

Wizard
Tombol ini digunakan bila Anda ingin menentukan format untuk file baru menggunakan penuntun. Ada dua penuntun yang disediakan, yaitu Quick Setup dan Advanced Setup.



Gambar 1 Kotak Dialog Start Up
Quick Setup - Bila memilih ini, Anda dapat mengatur format unit dan area gambar. AutoCAD akan membuka kotak dialog Quick Setup. Data kotak dialog ini terdapat dua item yang disediakan, yaitu Unit dan Area.



Gambar 2 Kotak Dialog Quick Setup
Unit: Item ini untuk mengatur format angka dan jumlah desimalnya Ada lima format yang dapat dipilih, yaitu:

Format : Contoh:
Decimal = 15.5000
Engineering = 1'-3.5000"
Architectural = 1'-3 1/2"
Fractional = 15 1/2
Scientific = 1.5500E+0l
Tentukan pula jumlah desimal untuk angka dan koordinat yang akan digunakan di dalam gambar dengan memilih ketelitian yang disediakan pada kotak isian Precision.
Area: Item ini untuk menentukan luas area gambar saat membuka file baru. Tentukan lebar layar (horizontal) pada kotak isian Width dan panjang layar (vertikal) pada kotak isian Length.
Advanced Setup - Bila memilih ini, pengaturan yang dapat Anda lakukan menjadi 5 item, yaitu: Unit, Angle, Angle Measure, Angle Direction, Area, Dua item di antaranya, yaitu Unit dan Area telah dibahas pada Quick Setup. Kita akan membicarakan sisanya.
Angle: Item ini berfungsi untuk mengatur format sudut dan jumlah desimal yang akan digunakan pada gambar. Ada beberapa form yang dapat dipilih, yaitu:

Format: Contoh:
Decimal Degrees = 90
Deg/Min/Sec = 90d
Grads = 100g
Radians = 2r
Surveyor = N 0d W
Angle Measure: Item ini digunakan untuk menentukan dari arah mana sudut 0 akan dihitung. Arah yang disediakan adalah East (Timur), North (Utara), West (Barat), South (Selatan), Other.


Gambar 3 Arah 0 Derajat yang Disediakan
Defaultnya, sudut 0 derajat dihitung dari arah timur (East). Misalkan Anda memilih North, maka sudut 0 derajat akan dimulai dari utara. Begitu juga yang lainnya. Bila Anda memilih Other, maka perhitungan tidak berdasarkan salah satu arah mata angin, namun berdasarkan sudut yang dimasukkan pada kotak isian di samping kanannya.
Angle Direction: Item ini untuk menentukan arah sudut, apakah berlawanan atau searah jarum jam. Pilihlah Counter Clockwise bila Anda ingin arah putaran sudut berlawanan jarum jam. Dan pilihah Clockwise bila Anda ingin arah putaran sudut searah jarum jam.



Gambar 4 Arah Putaran Sudut
Defaultnya, putaran sudut adalah berlawanan arah jarum jam.

Simbol Libraries
Tombol ini digunakan untuk membuka file baru yang merupakan simbol-simbol yang disediakan oleh AutoCAD dengan format dwg. Pilihlah salah satunya, lalu double klik dan tekan OK. Letakkan pada bidang gambar AutoCAD. Pilihlah tombol-tombot di atas sesuai kebutuhan lalu klik OK. Selanjutnya Anda akan memasuki layar grafik (Graphics area) yang terdiri atas beberapa bagia



Gambar 5 Layar Grafik
Graphics area terbagi atas beberapa bagian utama, yaitu Menu Pull down, Menu Toolbar, Menu Layar, Area Gambar, Baris perintah dan Baris Status.
Menu Pull down adalah menu berisi perintah-peirintah baku AutoCAD dalam bentuk teks.
Menu Toolbar adalah menu yang berisi perintah-perintah baku dalam bentuk gambar. Dapat ditampilkan/dimatikan dengan perintah TOOLBAR. Daftar menu toolbar disimpan dalam file berjenis INI. Bila Anda meng¬gunakan menu default, maka menu toolbar disimpan dalam file ACAD.INI

Area gambar merupakan area di mana kita membuat gambar. Di dalamnya terdapat Crosshair yang berada di perpotongan antara dua garis sumbu dan di posisi itulah suatu kordinat ditentukan.
Baris Status menunjukkan status file aktif, seperti Snap, Grid, OSNAP dan baris koordinat. Scroll bar berguna untuk menggeser/menggulung layar. Dapat ditampilkan dan disembunyikan dengan perintah Tools Option Display, aktifkan Display scroll bar in drawing window.
Setelah memasuki layar grafik, Anda siap mengoperasikan AutoCAD.

C. Memberi Perintah dalam AutoCAD
Mengakses Perintah Baku dan Perintah Transparan
Setiap Anda membuka file, baik file baru atau file yang sudah diisi sebelumnya, AutoCAD selalu menuliskan kata Command: pada baris perintah Prompt seperti itu disebut juga dengan prompt Command, yang baris ini kosong maka AutoCAD siap menerima perintah dari Anda.

Perintah baku dapat diberikan dengan beberapa cara, yaitu menggunakan menu Pull Down, atau menu Layar, atau menu Toolbar, atau mengetik langsung dari keyboard. Contohnya bila Anda ingin memberikan perintah CIRCLE, Anda dapat metakukan salah satu cara di bawah ini:

Pada prompt Command, ketik: CIRCLE
Pada menu Pull down, klik: Draw Circle ...
Pada menu Layar, klik: DRAW 1 Circle
Pada menu Toolbar Draw, klik: Icon Lingkaran
Dari manapun Anda mengakses perintah, dari menu ataupun dari keyboard hasilnya adalah sama. AutoCAD akan memberikan respon di baris perintah setiap langkah yang harus Anda lakukan. Jadi tugas Anda adalah mengamati dan menjawab apa yang ditanyakan oleh AutoCAD di baris perintah. Anda tidak mungkin menyelesaikan gambar dengan sempurna tanpa mengisi baris perintah sama sekali.

Namun harus diingat, perintah-perintah baku dalam AutoCAD diberikan pada saat baris perintah menunjukkan prompt Command, kecuali perintah-perintah tertentu.
Perintah yang dapat dijalankan saat perintah lain sedang berlangsung (perintah di dalain perintah) disebut juga dengan perintah transparan. Dengan perintah transparan Anda dimungkinkan untuk melakukan kegiatan yang harus dilakukan saat itu juga tanpa membatalkan perintah yang sedang berjalan. Contohnya Anda sedang melakukan penyalinan (Copy) di mana hasil penyalinan akan ditempatkan dii lokasi yang saat ini tidak terlihat di layar.Di sini Anda harus melakukan Zoom tanpa membatalkan perintah Copy yang sedang berlangsung.

Perintah transparan dilakukan dengan cara menambahkan karakter ' di depannya, seperti: 'PAN atau 'ZOOM. Prompt yang diajukan perintah transparan ditandai dengan karakter ‘ di depannya. Contohnya bila Anda ingin melakukan Zoom di tengah perintah Copy, maka perintah yang harus Anda ketik adalah:

Command: COPY
Select object:
Select object:
/Multiple:
Second point of displacement: 'ZOOM
>>All/Center/Dynamic/Extents

/Previous/Scale(X/XP)/Window/: 0.5x

Resuming to Copy Command
/multiple:

Beberapa contoh yang dapat dijalankan secara transparan adalah Zoom, Pan, Redraw, Layer, Linetype, Ddrmodes, Elev, Style, Snap, dan sebagainya.

Catatan: Hasil perintah transparan tidak menyebabkan terjadinya regenerasi gambar. Anda tidak bisa menjalankan perintah non-transparan di dalam perintah lain, seperti membuat garis dengan perintah Line saat perintah Copy sedang berlangsung atau sebaliknya.

Mengakses Perintah dari Menu
Untuk mengakses perintah dari menu Layar, Anda dapat menggunakan mouse, dapat juga dengan keyboard. Bila Anda menggunakan keyboard, tekanlah tombol Ins satu kali, maka kursor akan berpindah ke menu Layar. Dan untuk menyorot perintah yang Anda inginkan, gunakanlah tombol-tombol tanda panah sambil menekan tombol Ctrl (jangan dilepas), lalu tekan ENTER. Saat menekan tombol ENTER, tombol Ctrl harus sudah dilepas dulu. Untuk menampilkan/ menyembunyikan menu Layar, Anda dapat menggunakan perintah: PREFERENCES.

Untuk mengakses menu Pull down dari keyboad, Anda dapat menjalankan prosedur yang biasa terdapat dalam program Windows, yaitu menekan tombol Alt+lnisial, di mana Inisial adalah huruf pada menu Pull down yang diberi garis bawah. Misalkan Anda ingin membuka menu Pull down File dengan keyboard, maka tekanlah Alt+F. Di dalam menu Pull down, mungkin Anda akan melihat beberapa perintah yang diakhiri dengan karakter ... (elipsis). Perintah seperti itu akan membuka kotak dialog. Misalnya perintah Format -> Layer... akan membuka kotak dialog Layer & Linetype Properties, atau perintah File Print... yang akan membuka kotak dialog Print/Plot File, dan sebagainya. Mungkin Anda juga akan menemukan perintah-perintah tertentu yang memilik tanda delta di ujung kanannya. Artinya, perintah tersebut masih memiliki submenu lagi, seperti menu Draw Arc atau Modify Object, dan sebagainya.

Untuk mengakses perintah dari menu Toolbar, Anda dapat langsung mengklik icon yang diinginkan. Menu Toolbar dapat ditampilkan/dihidupkan dengan perintah TOOLBAR. Namun ada perintah-perintah tertentu yang memberikan pilihan, seperti Polygon yang memungkinkan Anda untuk menentukan titik pusatnya atau menentukan sisinya. Untuk membuka kedua pilihan tersebut pada menu Toolbar, kliklah icon Polygon dan tahan tombol mousenya. AutoCAD akan segera membuka pilihan yang tersedia. Seret mouse Anda ke pilihan yang diinginkan, lalu lepaskan tombol mouse.

Pilihan dalam Perintah Baku
Sebagian besar perintah baku dalam AutoCAD menyediakan beberapa pilihan (option) yang masing-masing dipisahkan oleh garis miring (/). Pilihan default, yaitu pilihan yang sedang ditanyakan kepada Anda, adalah pilihan yang diapit oleh tanda kurung sudut. Untuk memilih pertanyaan default, Anda dapat, langsung menjawab pertanyaan tersebut. Untuk mengambil pilihan yang lain Anda harus mengetik huruf kapital dari pilihan yang akan diambil sebelum menjawab pertanyaannya. Lihat perintah CIRCLE di bawah ini untuk membuka lingkaran.

Command: CIRCLE
3P/2P/TTR/

Pada prompt di atas, AutoCAD memberikan 4 pilihan (option), yaitu 3P, 2P, TTR dan Center point. Pilihan default (yang diapit oleh kurung sudut) adalah Center point. Artinya, bila Anda ingin menentukan Center point, misalkan kordinat 5,5, Anda dapat langsung memasukkan angka 5,5 itu pada prom 3P/ 2P/ TTR/

. Bila Anda ingin mengambil pilihan lain, Anda harus mengetik pilihan tersebut terlebih dahulu, yaitu 3P untuk pilihan 3P, 2P untuk pilihan 2P dan TTR untuk pilihan TTR, sebelum meneruskan ke prompt selanjutnya.
Bila tadi Anda menjawab pertanyaan Center point, pertanyaan selanjutnya adalah:

Diameter/:
Prompt di atas memberikan dua pilihan, yaitu Diameter dan Radius Pertanyaan default, yang diapit oleh tanda kurung sudut, adalah Radius. Masukkan angka bila Anda ingin menentukan Radius, atau ketik dulu D bila ingin menentukan Diameter.

Menghentikan Perintah yang Sedang Berjalan
Untuk membatalkan atau menghentikan perintah yang tengah berjalan, Anda dapat menggunakan tombol Esc saat itu juga. Misalkan Anda sedang melakukan perintah pengeditan COPY, namun Anda berniat mengurungkan perintah itu saat perintah sedang berjalan, tekanlah tombol Esc saat itu juga.

Command: COPY
Select objects:
Select objects:
Base point or displacement:
** Cancel**
Untuk membatalkan perintah yang sudah selesai dilaksanakan, bukan tombol Esc yang harus Anda tekan, tetapi Anda harus memberikan perintah U atau Undo.

Penggunaan Tombol Mouse
Defaultnya, bila Anda tidak menukar fungsi tombol mouse melalui jendela Control Panel menjadi Left Hand (kidal), tombol kiri mouse digunakan untuk memilih menu, memilih tombol-tombol dan menunjuk titik di layar. Tombol kanan mouse berfungsi sama dengan tombol ENTER pada keyboard. Jadi bila dalam buku ini Anda dirninta menekan ENTER, Anda dapat melaklikannya dari keyboard atau dengan menekan tombol kanan mouse, kecuali untuk perintah Dtext.

Bila Anda menggunakan mouse 3 tombol, maka tombol ketiga (biasanya di tengah) dapat berfungsii untuk mengaktifkan menu Osnap. Bila Anda menggunakan mouse 2 tombol, menu Osnap dapat diaktitkan dengan cara menekan Shift+tombol kanan mouse (tombol Shift keyboard ditekan dan jangan dilepas, lalu tekan tombol kanan mouse).

Perintah-perintah yang diakses dari tombol mouse ini dapat didefinisikan sendiri. Misalkan Anda ingin menjadikan tombol Ctrl+tombol kanan mouse untuk menjalankan pefintah LINE, atau Alt+tomboll kanan mouse untuk mengeksekusi perintah ERASE, dan sebagainya, maka Anda harus mendefinisikannya dengan mengedit file menu (defaultnya adalah ACAD.MNU) menggunakan program teks editor seperti Notepad.exe dan Edit.com.

Perintah Alias
Bila Anda ingin mengakses perintah dari baris perintah, Anda dapat juga mengetik perintah aliasnya yang biasanya lebih singkat dibandingkan perintah bakunya. Perintah alias didefinisikan dalam file ACAD.PGP yang dimuat secara otomatis saat Anda memulai AutoCAD. dan bertujuan untuk mempersingkat pengetikan perintah yang sering digunakan, seperti L untuk LINE, C untuk CIRCLE, A untuk ARC, E untuk ERASE, R untuk REDRAW dan sebagainya. Misalkan Anda mengetik L pada prompt Command, maka hasilnya sama dengan memberikan perintah LINE baik dari keyboard maupun dari menu.
Daftar perintah alias yang didefinisikan dalam file ACAD.PGP dapat Anda lihat pada bagian akhir dari Bab ini. Anda juga dapat mendefinisi sendiri perintah alias dengan cara mengedit file ACAD.PGP dengan program editor seperti Notepad.exe dan Edit.com.

Tombol Fungsi dalam AutoCAD
Selain perintah-perintah baku yang diakses dari baris pefintah, AutoCad juga menyediakan beberapa perintah yang bisa diakses dari tombol fungsi, yaitu:

Fl Menampilkan Help (penjelasan) atas perintah yang sedang berjalan.Pada AutoCAD for DOS, tombol Fl untuk memasuki layar teks/Iayer grafis. Perintah dari prompt Command: HELP
F2 Memasuki layar teks/layar grafis. Pada AutoCAD for DOS, tombol fungsi ini tidak tersedia. Perintah dari prompt Command: TEXTSCR/GRAPHSCR.
F5 Memindahkan sumbu isometrik aktif, yaitu berturut-turut Left, Top Right. Tombol ini hanya berfungsi bila Anda sedang menggunakan sumbu Isometrik. Perintah dari prompt Command: ISOPLANE.
F6 Menghidupkan/mematikan koordinat pada baris status. Perintah dari prompt Command: COORDS.
F7 Menghidupkan/mematikan Grid di layar. Perintah dari prompt Command: GRID ON/OFF.
F8 Menghidupkan/mematikan Ortho. Perintah dari prompt Command: ORTHO.
F9 Menghidupkan/mematikan Snap. Perintah dari prompt Command: SNAP ON/OFF.
F1O Menghidupkan/mematikan menu Tablet. Perintah dari prompt Command: TABLET ON/OFF.
Shortcut dalam AutoCAD
AutoCAD menyediakan beberapa tombol shortcut sebagai pengganti perintah-perintah baku. Berikut adalah shortcut yang disediakan dan peri ekuivalennya.

Shortcut Perintah Ekuivalen
Ctrl+A Group on/off
Ctrl+B Snap On/Off
Ctrl+C Copy to Clipboard
Ctr]+D Coords On/Off
Ctrl+E Isoplane Top/Right/Left
Ctrl+F Ddosnap
Ctrl+G Grid On/Off
Ctr]+J
Ctrl+K Pickadd On/off
Ctrl+L Ortho On/Off
Ctrl+M
Ctr]+N New
Ctrl+O Open
Ctr]+P Print
Ctrl+Q Echo On/Off (Textscreen to printer On/Off)
Ctrl+R Activate next viewport
Ctr]+S Qsave
Ctrl+T Tablet On/Off
Ctrl+V Paste from Clipboard
Ctr]+X Cut to Clipboard
Ctrl+Y Redo
Ctrl+Z Undo
Daftar Perintah
Nama Perintah Keterangan
A
'ABOUT Memperlihatkan
informasi tentang
AutoCAD
ALIGN Memutar dan merotasi
obyek dengan orientasi tertentu
'APERTURE Mengontrol ukuran kotak target Object
SnapControls
ARC Membuat busur
AREA Menghitung luas
dan keliling bidang
ARRAY Menyalin obyek
secara massal dengan
susunan teratur
AUDIT Mengevaluasi integritas gambar
B
BACKGROUND Menetapkan latar belakang layar
BHATCH Mengarsir bidang tertutup dengan pola tertentu
'BLIPMODE Mematikan/menghidupkan
blip
BLOCK Mendefinisikan blok pada obyek
BREAK Menghapus sebagian obyek atau memisahkan satu obyek menjadi dua
C
CHAMFER Membuat kemiringan
pada dua garis lurus yang dihubungkan
CHANGE Mengubah koordinat dan properti obyek yang dipilih
CHPROP Mengubah properti obyek yang dipilih
CIRCLE Membuat lingkaran
'COLOR Mengaktifkan warna untuk obyek baru
COPY Menyalin obyek
COPYCLIP Menyalin obyek ke dalam clipboard
CUTCLIP Menyalin obyek ke dalam clipboard dan menghapus obyek tersebut dari gambar
D
DBLIST Menampilkan informasi lengkap dari setiap obyek yang ada dalam gambar
DDCHPROP Mengubah properti obyek melalui kotak dialog
DDCOLOR Mengaktifkan warna tertentu untuk obyek baru melalui kotak dialog
DDEDIT Mengedit teks dan atribut
'DDGRIPS Menghidupkan grip dan mengatur warnanya
DDIM Membuat dan memodifikasi style dimensi
DDINSERT Menyisipkan blok atau file DWG ke dalam gambar
DDMODIFY Mengontrol properti dan karakteristik obyek
'DDPTYPE Menentukan model dan ukuran titik
DDRENAME Mengganti nama obyek
'DDRMODES Mengatur fasilitas bantu gambar
'DDSELECT Mengatur modus pemilihan obyek
DDUCS Mendefinisikan User Coordinate System
DDUCSP Memilih UCS akfif melalui kotak dialog
'DDUNITS Mengontrol format koordinat dari sudut serta jumlah desimal
DDVIEW Menyimpan dan mengaktitkan view
DIM Mengakses perintah pendimensian
DIMALIGNED Melakukan pengukuran linier aligned
DIMANGULAR Melakukan pengukuran sudut
DIMBASELINE Melanjutkan pengukuran linier, sudut, ordinate dari titik pertama pengukuran sebelumnya
DIMCENTER Membuat tanda pusat atau garis pusat pada lingkaran atau busur
DIMCONTINUE Melanjutkan pengukuran linier, sudut, ordinate dari titik kedua pengukuran sebelumnya
DIMDIAMETER Melakukan pengukuran diamater untuk busur dan lingkaran
DIMEDIT Mengedit dimensi
DIMLINEAR Melakukan pengukuran linier
DIMORDINATE Metakukan pengukuran koordinat pada suatu titik
DIMRADIUS Melakukan pengukuran jari-jari pada lingkaran dan busur
DIMSTYLE Membuat dan mengedit style dimensi dari baris perintah
DIMTEDIT Memindahkan dan merotasi teks dimensi
'DIST Menghitung jarak antara dua titik
DIVIDE Menandai obyek ke dalam beberapa segmen yang sama panjang
DONUT Membuat lingkaran padat
DRAWORDER Mengatur urutan obyak dan image di layar dan saat dicetak
DSVIEWER Melakukan pengaturan layar melalui jendela Aerial View
DTEXT Membuat beberapa baris teks secara dinamik
DVIEW Mengatur pandangan, mematikan atau menghidupkan pandangan panareal dan perspektif
DXFOUT Export gambar pertukaran dari file aktif
E
ELLIPSE Membuat elips terbuka maupun tertutup
ERASE Menghapus obyek
EXPLODE Memecah obyek gabungan ke dalam komponen¬-komponennya
EXPORT Menyimpan obyek dalam format lain
EXTEND Memperpanjang obyek sampai batas tertentu
F
'FILL Mengontrol tampilan permukaan padat untuk obyek yang berisi
FILLET Menghubungkan dua obyek dengan busur berjari-jari tertentu
G
'GRID Menghidupkan/mematikan titik-titik grid
GROUP Mendefinisikan grup pada sekumpulan obyek
H
HATCH Mengarsir daerah tertutup tanpa melalui kotak dialog
HATCHEDIT Mengedit arsir
I
'ID Memperlihatkan nilai koordinat pada titik tertentu
IMAGE Menyisipkan gambar raster dalam berbagai format ke dalam gambar AutoCAD
IMAGEADJUST Mengontrol intensitas, kontras dari gambar raster yang dipilih
IMAGEATTACH Memasukkan image baru dan definisinya
IMAGECLIP Membuat potongan pada image
IMAGEFRAME Menghidupkari/memafikan frame garnbar
IMAGEQUALITY Mengontrol kualitas gambar yang disisipkan
IMPORT Import file dalam berbagai format ke dalam gambar AutoCAD
INSERT Menyisipkan blok atau File DWG ke dalam gambar
L
'LAYER Mendefinisikan dan mengontrol lapisan
LEADER Membuat keterangan dan anotasi dari suatu item gambar
LENGTHEN Mengubah panjang garis atau busur
'LIMITS Menetapkan batas kerja gambar
LINE Membuat garis lurus
'LINETYPE Mengaktifkan, membuat dan memuat tipe garis
LIST Menampilkan informasi lengkap dari obyek yang dipilih
'LTSCALE Mengatur skala untuk tipe garis non-continuous
M
'MATCHPROP Menyalin properti dari suatu obyek ke obyek lainnya
MEASURE Mengukur obyek ke dalam beberapa segmen dengan ukuran yang ditentukan
MENU Memuat file menu
MINSERT Menyisipkan blok atau file ke dalam gambar secara massal
MIRROR Mencerminkan obyek
MLEDIT Mengedit multiline
MLINE Membuat garis pararel atau multiline
MLSTYLE Mendefinisikan style dari garis-garis pararel atau multiline
MOVE Memindahkan obyek dari satu tempat ke tempat lain
MTEXT Membuat teks paragraf
MULTIPLE Mengulang perintah secara terus menerus sampai ada pembatalan
N
NEW Membuka file baru
O
OFFSET Menyalin obyek secara pararel
OOPS Membatalkan penghapusan dengan ERASE
OPEN Membuka file yang telah disimpan
'ORTHO Membatasi gerakan kursor pada arah horizontal dan vertikal
'OSNAP Menjalankan Obyek Snap
P
'PAN Menggeser layar
PASTECLIP Menyisipkan garnbar atau data dari clipboard ke dalarn gambar sekarang
PEDIT Mengedit polyline dan mesh polygon 3 dimensi
PLINE Membuat polyline 2 dimensi
PLOT Mencetak gambar ke dalam file, printer atau plotter
POINT Membuat titik
POLYGON Membuat polygon, segi banyak beraturan
PREFERENCES Mengatur semua konfigurasi sistem AutoCAD
PREVIEW Menampilkan preview gatnbar yang akan dicetak
Q
QSAVE Menyimpan gambar dengan menggunakan nama yang sudah ada
'QTEXT Mengontrol tampilan teks atau atribut di layar atau saat dicetak
QUIT Mengakhiri AutoCAD
R
RAY Membuat garis semi tak terhingga
RECOVER Memperbaiki gambar yang rusak
RECTANG Membuat polyline kotak
REDO Mengembalikan perintah yang telah dibatalkan oleh perintah U atau Undo
'REDRAW Menggambar ulang layar data membersihkan layar dari blip pada viewport aktif
'REDRAWALL Menggambar ulang layar untuk seluruh viewport
REGENALL Meregenerasi gambar untuk semua viewpoint
RENAME Mengganti nama obyek
REPLAY Memperlihatkan image berformat BMP, TGA atau TIFF
ROTATE Memutar obyek
S
SAVE Menyimpan gambar dengan nama baru
SAVEAS Menyimpan gambar dengan nama baru dan meng¬aktifkan file baru tersebut
SCALE Mengubah ukuran obyek ke arah X, Y dan Z
SELECT Melakukan pra-pemilihan terhadap sekumpulan obyek untuk diedit
SHELL Mengakses perintah-perintah DOS tanpa mengakhiri AutoCAD
SKETCH Membuat gambar sketsa dari sekumpulan segmen garis
'SNAP Membatasi gerakan kursor dengan interval tertentu
SPLINE Membuat kurva spline quadratik atau kubik
SPLINEDIT Mengedit obyek Spline
'STATUS Memperlihatkan statistik gambar, modus dan lainnya
STRETCH Mengulur obyek
'STYLE Mendefinisikan atau memodifikasi style teks
T
TEXT Membuat teks satu baris
'TEXTSCR Memindahkan layar Anda dari layar grafis ke layar teks
TOOLBAR Menampilkan/menyembunyikan menu toolbar
TRACE Membuat garis padat
TRIM Memotong obyek berdasarkan batas-batas potong yang dipilih
U
U Membatalkan perintah terakhir
UCS Mengontrol User Coordinate System
UCSICON Mengontrol tampilan dan penempatan icon UCS
UNDO Membatalkan perintah sebelumnya
'UNITS Mengatur format sudut dan koordinat serta jumlah desimal
V
'VIEW Menyimpan dan mengaktifkan view
VPOINT Mengatur arah pandangan untuk memvisualisasikan gambar 3 dimensi
W
WBLOCK Menyimpan blok ke dalam file DWG
X
XLINE Membuat garis konstruksi tak terhingga
XPLODE Memecah obyek gabungan ke dalam komponen-komponen terpisah
Z
ZOOM Mengubah besar layar pada viewport aktif





0 Kritik & Saran:

Poskan Komentar

Tidak ada komentar: