DI DUNIA INI TIDAK ADA MANUSIA BODOH TAPI LEBIH BANYAK MANUSIA PEMALAS
WELCOME TO INDONESIA AUTOCAD DESIGN

Jumat, 09 April 2010

AUTOCAD BAGI PEMULA


rogram AutoCAD merupakan perangkat lunak (software) yang paling banyak dipergunakan didunia desain grafis maupun perencanaan. Berawal dari sekitar tahun 2000 saya belajar AutoCAD 14 secara otodidak, selain saya menyukai desain, juga dikarenakan tuntutan pekerjaan yang membutuhkan keakuratan dan kecepatan hasil gambar yang tidak memungkinkan lagi dipenuhi dengan gambar manual ataupun lewat meja gambar.
Banyak sekali pengembangan signifikan yang saya temui dalam AutoCAD 2002 ini dibanding AutoCAD 14 yang saya kuasai terlebih dahulu. Berbagai perintah, shortcuts menu dan banyak lagi yang memungkinkan hasil gambar menjadi lebih berkualitas, akurasi yang tinggi dan kecepatan proses yang sangat baik. Sampai pada saat ini versi terbaru sudah sampai pada release AutoCAD 2007. Memang program ini hanya dapat dijalankan pada computer dengan platform Microsoft DOS saja, tetapi untuk pengembangan versi selanjutnya sudah dapat dipergunakan dalam format Microsoft DOS dan UNIX. Kenapa saya memilih AutoCAD 2002, karena kepraktisan, universal, simpel dan kemudahan dalam perintah maupun pengoperasian program ini, serta memori program yang tidak terlalu banyak memakan ruang penyimpanan dalam harddisk dikomputer saya.
Buku ini membahas lengkap elemen-elemen teknik penggambaran 2D dalam AutoCAD 2002 dari perintah-perintah dasar, editing, penskalaan, eksport gambar kedalam program lain, pencetakan dengan berbagai macam seting konfigurasi pada plotter maupun printer, sampai pada penyertaan file pada koneksi internet dengan menggunakan fasilitas perintah e-Transmit. Lewat program bantuan yang sudah disertakan dalam AutoCAD 2002 yaitu Volo View, kita juga dapat melihat, menandai dan mengkoreksi suatu hasil pekerjaan dan dapat disimpan dalam berbagai format seperti DWF, DXF atau RML, yang bertujuan untuk berkomunikasi lewat jaringan LAN maupun internet dalam sebuah file markup yang lebih kecil kapasitasnya sehingga mempermudah kita dalam pengiriman file tersebut. Dibahas pula dalam Trik-trik AutoCAD (hal. 470) tentang konversi format file AutoCAD 2002 ke dalam versi AutoCAD yang lebih rendah dan ini sangat membantu untuk para pengguna AutoCAD yang sebelumnya memakai versi lebih rendah.
Semua fasilitas dan aplikasi dalam buku ini sangat bermanfaat, dirangkum dalam pembahasan yang mudah dipahami serta kelengkapan informasinya sangat membantu dalam memaksimalkan pengoperasian program AutoCAD 2002. Hingga versi AutoCAD 2004 buku ini masih relevan sebagai buku panduan dasar. Dan bagi anda yang telah menguasai teknik penggambaran 2D dalam AutoCAD, buku ini merupakan jembatan bagi anda untuk meloncat pada teknik penggambaran lebih lanjut.

Tidak ada komentar: